KUTIPAN – Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun memohon maaf kepada seluruh masyarakat karena terkendalanya proses pembuatan paspor dan perlintasan.
Saat ini, layanan keimigrasian pada unit pelaksana teknis (Kantor Imigrasi, unit layanan paspor, unit kerja Keimigrasian) serta tempat pemeriksaan Imigrasi pada bandara dan pelabuhan untuk sementara mengalami kendala.
Kepala Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun, Zulmanur Arif mengatakan bahwa kendala ini bukan hanya terjadi di Karimun, namun di seluruh Kantor Keimigrasian yang ada di Indonesia.
Hal ini merupakan imbas dari gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Kominfo yang sedang berlangsung sejak Kamis (20/6/2024).
“Sedang terjadi gangguan sistem PDN, kendala dialami seluruh Kantor Imigrasi. Dirjen Imigrasi juga sudah mengeluarkan Siaran Pers bahwa sedang diupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam. Semoga layanan bisa pulih sesegera mungkin,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun, Zulmanur Arif pada, Jumat (21/6/2024).
Meski sedang terjadi gangguan, Zulmanur Arif menegaskan bahwa pada, Sabtu (22/6/2024) Imigrasi Karimun tetap akan mengadakan layanan paspor simpatik di hari libur. Ini merupakan bentuk komitmen atas rencana sebelumnya.
“Saya memohon maaf kepada seluruh masyakat, karena penyelesaian paspor akan terhambat sampai dengan permasalahan kesisteman teratasi,” ungkapnya.
Berdasarkan Siaran Pers Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Direktorat Jenderal Imigrasi bernomor SP/IMI/06/2024/06, dinyatakan bahwa masyarakat yang berada di bandara internasional dan akan melakukan penerbangan tetap akan dilayani oleh petugas Imigrasi.
Dirjen Imigrasi dalam Siaran Pers tersebut juga mengatakan, meski sedang terjadi gangguan, Imigrasi tetap akan memberikan pelayanan seoptimal mungkin agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat, begitu juga saat kedatangan.
Untuk sementara, penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal ke bandara, demi mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan sebagaimana mestinya.
Sementara itu, masyarakat yang sudah terjadwal datang ke Kantor Imigrasi hari ini untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor tetap dilayani seperti biasa. Namun demikian, permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat dilayani dan akan segera beroperasi kembali setelah sistem normal.
“Kami akan segera menyampaikan kepada masyarakat apabila sistem PDN Kementerian Kominfo sudah kembali normal, dan layanan Keimigrasian sudah dapat beroperasi sepenuhnya,” kata Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim dalam Siaran Pers nya Kamis (20/6/2024).
(Ami)